Rabu, 16 Februari 2011

Cara mengetahui kesehatan bayi yang baru lahir

Bayi yang datang ke dunia adalah petualangan besar dan menakutkan untuk para orangtua, terutama dalam hal kesehatan. Kesehatan memiliki nilai yang sangat tinggi. selama hamil menjaga kesehatan bayi dalam kandungan, merupakan hal yang utama diperhatikan, terutama dalam pola makan yang benar, dan memberikan vitamin.

Tidak bisa dipungkiri bahwa menjaga kesehatan bayi dalam masa kandungan merupakan prioritas yang paling utama. Menjaga Kesehatan bayi selama dalam kandungan mempengaruhi pada kesehatan bayi baru lahir. Kita sebagai orang tua selalu waswas dalam menghadapi kelahiran bayi, apalagi bayi pertama. Ketika proses kelahiran berlangsung hal yang selalu diperhatikan adalah kesehatan bayi baru lahir.


Kita sebagai orang tua belum tahu hal-hal apa saja yang harus kita ketahui mengenai kesehatan bayi baru lahir, apakah bayi kita sehat atau tidak? Agar kita bisa mengenali bayi kita sehat atau tidak-nya, saya akan memberikan beberapa cara mengetahui kesehatan bayi yang baru lahir, sebagai berikut:
  1. Ketika bayi keluar, bayi tersebut segera menangis.
    Bila tidak terdengar suara tangisan, segera hubungi dokter anak. Setiap saran dokter anak lakukan.
  2. Dengarkan pernapasan bayi, pernapasan bayi harus teratur.
    Bila pernapasan bayi tidak sesuai aturan, maka kita harus bertanya pada dokter anak, bagaimana pernapasan yang teratur bagi bayi yang baru lahir, pastinya dokter akan memberikan saran.
  3. Biasanya bayi yang baru keluar banyak bergerak.
    Perhatikan gerakan bayi pada saat lahir, apakah aktif dalam bergerak.
  4. Lihat warna kulit bayi, kulit bayi baru lahir berwarna merah muda.
    Jangan sampai kelewatan untuk memperhatikan warna kulit bayi. Lihat warna kulit bayi apakah merah muda atau kuning?. Jika tidak berwarna merah muda, kita harus melakukan saran dokter anak.
  5. Perhatikan berat badan bayi, berat badan bayi harus mencapai 2,5 kg atau lebih.
    Bayi yang sehat mempunyai berat badan 2,5 kg, bila kurang dari nilai itu berarti bayi anda tidak sehat. Segera hubungi dokter anak.
Menjaga kesehatan bayi selama masa kehamilan merupakan suatu kewajiban bagi seorang ibu, agar anak kelak hidup sehat. Lakukan apa saran dokter anak jika kesehatan bayi kita terganggu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar